Peringati HSN 2022, Ketua PKB Medan: Santri Aktif dalam Perjuangan Indonesia

HSN 2022 Kota Medan
Ketua DPC PKB Kota Medan Hamdan Simbolon SH dan pengurus lainnya berfoto dengan Wakil Walikota Medan Aulia Rahman usai mengikuti peringatan Hari Santri di Pesantren Nurul Hasanah Medan, Sabtu (22/10).
HSN 2022 Kota Medan
Ketua DPC PKB Kota Medan Hamdan Simbolon SH dan pengurus lainnya berfoto dengan Wakil Walikota Medan Aulia Rahman usai mengikuti peringatan Hari Santri di Pesantren Nurul Hasanah Medan, Sabtu (22/10).

Asaberita.com, Medan – Ketua DPC PKB Kota Medan Hamdan Simbolon SH menyampaikan bahwa kalangan santri selalu aktif dalam perjuangan Indonesia, baik itu sebelum kemerdekaan maupun sesudah kemerdekaan Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan Hamdan Simbolon usai mengikuti acara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2022 Kota Medan yang dihadiri Wakil Walikota Medan Aulia Rahman di Pesantren Arraudhatul Hasanah Medan, Sabtu (22/10).

Bacaan Lainnya

Hadir pada peringatan HSN 2022 ini Kakan Kemenag Medan, MUI, IPHI, PCNU Medan, Ketua Dewan Mustasyar PKB Kota Medan, para pimpinan dan guru Pesantren Arraudhatul Hasanah dan ratusan santri.

Dikatakan Hamdan, penetapan 22 Oktober sebagai jari santri merujuk pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA :  Kelancaran Pencoblosan di Desa Sena Batang Kuis akan Terganggu Akibat Tumpukan Sampah

Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik, tanggal 10 November 1945 yang kemudian di peringati dengan Hari Pahlawan. Untuk tahun 2022 ini, peringatan HSN mengangkat tema ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan,“ kata Hamdan.

Disebutkan, santri dalam sejarahnya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Dulu, ketika Indonesia masih di jajah, para santri turun ke medan laga untuk berperang melawan penjajah. Menggunakan senjata bambu runcing yang terlebih dahulu di doakan Kiyai. Meski hanya memakai bambu runcing, mereka tidak gentar melawan musuh.

Lebih lanjut dikatakan Hamdan, sesuai amanat Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qomas yang dibacakan Wakil Walikota Aulia Rahman, peringatan HSN ini bukanlah milik santri semata, tapi milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air. Juga milik mereka yang mempunyai keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

Itu sebabnya, seluruh masyarakat Indonesia kita ajak untuk ikut merayakan HSN. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia, ujarnya.

BACA JUGA :  Sekretaris DPD Gerindra Sumut : Tata Kelola Birokrasi Kacau, Edy Rahmayadi Gagal Memimpin Sumut

“Melalui momen peringatan HSN 2022 ini, mari kita bersama mendoakan para pahlawan, terutama yang dari kalangan ulama, kiyai, dan santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa di tempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin,” harapnya. (red/has)

 

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *