Prabowo Menang dalam Simulasi Duel Survei IPO, Ganjar Dikalahkan Anies

Simulasi Duel
Foto: Ilustrasi capres. (Ilustrator: Zaki Alfarabi/dtc)
Simulasi Duel
Foto: Ilustrasi capres. (Ilustrator: Zaki Alfarabi/dtc)

Asaberita.com, Jakarta – Lembaga Survei Indonesia Political Opinion (IPO) memaparkan hasil survei elektabilitas jika tiga bakal calon presiden (capres) saling diadu. Hasilnya, Prabowo Subianto unggul saat dihadapkan dengan Ganjar Pranowo ataupun Anies Baswedan.

Survei ini dilakukan pada 5-13 Juni 2023 menggunakan metode multistage random sampling (MRS) atau pengambilan sampel bertingkat. Metode ini memiliki pengukuran kesalahan atau margin of error 2,90% dengan tingkat akurasi data 95%.

Bacaan Lainnya

Ada 1.200 orang responden yang tersebar proporsional secara nasional. Untuk menguji validitas responden, IPO melakukan spot check pada 15 persen dari total populasi sampel.

BACA JUGA :  DPD PDIP Sumut Road Show Idul Adha Bagikan Hewan Kurban dan Komputer

“Ketika kami coba sandingkan, dua tokoh masing-masing bertemu. Misalnya ketika Prabowo berhadapan head to head dengan Anies Baswedan maka pemenangnya adalah Prabowo dengan 58,3%. Sementara Anies Baswedan cuma mendapatkan 37,1% dengan tingkat persepsi publik yang tidak menjawab atau masih rahasia 4,6%,” kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah dalam konferensi pers di Hotel Tamarin Jakarta, Jalan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (16/6/2023).

“Ketika prabowo diuji bertemu dengan Ganjar. Posisinya tetap sama, Prabowo Subianto tetap lebih unggul dengan 51,7% kemudian Ganjar hanya 36,5%,” tambah dia.

Berikut hasil survei saat responden diberikan pertanyaan ‘Jika hari ini dilaksanakan pemilihan presiden, dari nama kandidat ini siapakah yang bapak/ibu akan pilih?’:

BACA JUGA :  Medan Millenial Voice Deklarasi Dukung Bobby Nasution pada Pilkada 2020

Simulasi 1: Prabowo Vs Anies
Prabowo Subianto: 58,3%
Anies Baswedan 37,1%
TT/TJ 4,6%

Simulasi 2: Prabowo Vs Ganjar
Prabowo Subianto 51,7%
Ganjar Pranowo 36,5%
TT/TJ 11,8%

Simulasi 3: Anies Vs Ganjar
Anies Baswedan 52%
Ganjar Pranowo 44,5%
TT/TJ 3,5%
(dtc)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *