Serap Aspirasi dan Ide-Ide Segar, Rahudman Harahap Ngopi Bareng dan Berdiskusi dengan Anak Muda

Diskusi dan Ngopi Bareng
Serap Aspirasi dan Ide-Ide Segar, Rahudman Harahap Ngopi Bareng dan Berdiskusi dengan Anak Muda

Asaberita.com, Medan – Drs. H. Rahudman Harahap, MM, bakal calon Walikota Medan, berinteraksi langsung dengan anak muda dalam acara diskusi dan ngopi bareng yang digelar di Sekata Kopi, Jalan Sei Batu Gingging, Rabu malam (10/7/2024). Acara ini menjadi ajang bagi Rahudman untuk mendengarkan aspirasi dan ide-ide segar dari mahasiswa dan generasi muda yang aktif dalam sektor ekonomi kreatif.

Ketua panitia, Raka Aulia Rambe, SH, menjelaskan tujuan utama acara ini adalah untuk menjembatani komunikasi antara Rahudman dan anak-anak muda kreatif. “Selama ini mereka hanya mendengar kinerja Rahudman saat menjabat sebagai Walikota Medan. Kini, kami ingin mereka mendengar langsung visi dan misi beliau serta berdialog secara langsung,” ujar Raka.

Bacaan Lainnya

Dalam diskusi ini, Rahudman Harahap menyatakan bahwa dirinya sangat menyadari akan pentingnya sektor ekonomi kreatif sebagai penggerak ekonomi lokal. Ia pun menyampaikan komitmennya untuk mendukung para pelaku ekonomi kreatif melalui kebijakan-kebijakan yang inovatif dan proaktif bila terpilih sebagai Walikota Medan.

“Ekonomi kreatif bukan hanya tentang seni dan budaya, tetapi juga tentang inovasi dan teknologi yang bisa membuka lapangan kerja baru. Saya berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada para kreator muda agar mereka bisa berkembang dan berkontribusi lebih besar bagi kota Medan,” ungkap Rahudman.

Selain itu, salah satu isu yang juga disoroti oleh Rahudman adalah tingginya angka pengangguran, terutama di kalangan pemuda. Ia berencana untuk mengatasi masalah ini dengan program pelatihan keterampilan dan pendirian pusat-pusat inovasi yang dapat menampung ide-ide kreatif dari anak muda.

“Kita harus memanfaatkan potensi besar yang dimiliki oleh anak muda Medan. Dengan pelatihan yang tepat dan fasilitas yang mendukung, mereka bisa menjadi motor penggerak ekonomi kota,” jelasnya.

BACA JUGA :  Ijeck Gagal Mendaftar, Yasyir Ridho Lubis Jadi Ketua Golkar Sumut Secara Aklamasi

Meningkatkan Keamanan Kota

 

Diskusi dan Ngopi Bareng

Keamanan kota juga menjadi topik utama dalam diskusi tersebut. Rahudman mengusulkan pendekatan yang melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan, seperti pengaktifan kembali Siskamling.

“Kota yang aman adalah fondasi bagi pertumbuhan ekonomi. Saya akan memperkuat kerjasama antara pemerintah kota dan aparat keamanan, serta melibatkan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan,” tegasnya.

Diskusi ini berlangsung interaktif dengan banyak pertanyaan dari para peserta. Gibran, seorang mahasiswa yang juga konten kreator, menyampaikan keluh kesahnya mengenai sempitnya lapangan kerja di Medan. Ia meminta solusi konkret dari Rahudman.

“Saya senang bisa berdiskusi langsung dengan Pak Rahudman. Visi dan misinya relevan dengan kami, anak muda. Tapi kami butuh program yang benar-benar bisa membantu kami mendapatkan pekerjaan setelah lulus,” kata Gibran.

Rahudman menanggapi pertanyaan itu dengan memaparkan rencana program magang bagi anak muda. “Kita akan mengadakan pelatihan kerja dan keterampilan, lalu memagangkan mereka ke berbagai perusahaan. Dengan MoU bersama perusahaan-perusahaan, kita pastikan mereka bisa mendapatkan pekerjaan setelah magang,” jawab Rahudman.

Dengan mengusung motto ‘Hari Ini Harus Lebih Baik dari Kemarin’ dan tagline ‘Ini Baru Medan’, Rahudman menyatakan bila berhasil terpilih ia akan memimpin dengan hati, bukan dengan kekuasaan. Ia akan melibatkan partisifasi aktif masyarakat dalam pembangunan, dengan menjadikan masyarakat sebagai subjek pembangunan dan bukan sebagai objek.

“Nantinya, untuk percepatan pembangunan di Kota Medan, kita akan bentuk Tim Percepatan Pembangunan, dan dalam tim ini akan ada yang khusus mengurusi bidang kepemudaan dan ekonomi kreatif diluar OPD yang ada,” jelas Rahudman.

Ajak Anak Muda Berperan Aktif

Diskusi dan Ngopi Bareng

Dalam diskusi ini, selain memaparkan visi misinya, Rahudman Harahap juga meminta kaum muda, milenial dan Gen Z yang telah memiliki hak pilih, untuk dapat berperan aktif dalam Pilkada Kota Medan pada 27 November 2024 mendatang. Rahudman menekankan bahwa partisipasi aktif mereka sangat penting dalam menentukan masa depan kota Medan.

BACA JUGA :  Malam Mingguan dengan Warga di Perumnas Mandala, Rahudman: Kalian Ngak Usah Ragu 

“Suara kalian sangat berarti. Pilkada adalah kesempatan untuk memilih pemimpin yang benar-benar memahami kebutuhan dan aspirasi kalian. Saya mengajak anak muda semua agar jangan hanya menjadi penonton, tetapi harus menjadi pemain dan bagian dari perubahan,” serunya.

Menurutnya, tingkat partisipasi masyarakat di Kota Medan dalam memilih pemimpinnya masih sangat rendah. Ia mencatat pada Pilkada Kota Medan sebelumnya, tingkat partisipasi pemilih hanya 38% dari jumlah pemilih yang mencapai 1,7 juta lebih. Rahudman melihat hal ini sebagai tantangan yang harus diatasi dengan meningkatkan kesadaran politik masyarakat terutama anak muda akan pentingnya partisipasi dalam pemilihan, dan ini harus dilakukan melalui sosialisasi yang masif dan pendekatan yang humanis.

“Kita harus memperbaiki angka partisipasi yang rendah ini. Dengan memilih, kalian tidak hanya menentukan masa depan kota ini, tetapi juga menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab sebagai warga negara. Saya yakin dengan partisipasi aktif anak-anak muda, Medan bisa menjadi kota yang lebih baik,” jelasnya.

Selain mahasiswa dan pelaku ekonomi kreatif, diskusi ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh, termasuk wartawan senior Coking Susilo Sakeh, yang memberikan testimoninya tentang sosok Rahudman. “Rahudman adalah pemimpin yang tegas namun lembut dan mengayomi. Dia selalu mau mendengar masukan dari masyarakat,” ungkap Coking. (red/hs)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *