Tahun Ini, Pondok Pesantren Nur Zam-Zam Menyembelih 3 Hewan Qurban

Hewan Kurban
Pondok Pesantren Tahfiz Qur’an Yatim Dhuafa Nur Zam-Zam, pada tahun ini menyembelih 3 ekor hewan kurban bantuan dari Gubernur Sumut H Edy Rahmayadi dan masyarakat

Asaberita.com – Medan – Pondok Pesantren Tahfiz Qur’an Yatim Dhuafa Nur Zam-Zam pada idul adha tahun ini menyembelih 3 ekor hewan kurban, bantuan dari Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi dan juga masyarakat.

Acara penyembelihannya dilaksanakan pada Sabtu (01/08/2020), di halaman Pondok Pesantren Nur Zam Zam di Marendal, Medan.

Hewan kurban itu diserahkan langsung kepada Ketua Yayasan Pondok Pesantren Tahfiz Qur’an Yatim Dhuafa Nur Zam-Zam Abdul Hakim Siregar, S.S.i., M.Pd yang didampingi oleh Bapak Hendra, Ustadz Muhammad Mas’ud Silalahi, Ustadz Putra Budi Utama Simatupang, Ustadz Malik Setia Abdi yang juga selaku Pengasuh Pondok Pesantren.

Setelah menerima dua ekor sapi dari Gubernur Sumut H. Edy Rahmayadi dan satu ekor sapi dari masyarakat, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Tahfiz Qur’an Yatim Dhuafa Nur Zam-Zam menyerahkan mandat kepanitiaan kepada Muhammad Mas’ud Silalahi, S.Sos, yang juga sebagai Founder Komunitas Remaja Masjid Preneur (Korma Preneur).

Pada hari H penyembelihan hewan kurban, Mas’ud Silalahi selaku Ketua Panitia melakukan serah terima ke penanggungjawab penyembelihan hingga pembagian daging kurban yang diamanahkan kepada al-Ustadz Muhammad Rinaldi, S.Ag.

Al-Ustad Rinaldi S.Ag menyebutkan, secara horizontal berkurban memiliki makna adalah dalam rangka untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meneguhkan keyakinan kita sebagai umat Islam bahwa hanya Allah SWT saja tempat kita semua dikembalikan. Manusia tidak memiliki kepunyaan, apakah anak, harta benda, kecerdasan dan semua yang ada hanyalah milik Allah SWT

BACA JUGA :  Gempa M 6,8 di Mindanao Filipina Berpotensi Destruktif

Sehingga dengan adanya keyakinan itu, kita sebagai manusia tidak menjadi orang sombong, angkuh dan merasa hebat. Karena dihadapan Allah SWT kita semua (manusia) tidak memiliki kekuatan, kehebatan dan kecerdasan apapun melainkan yang diamanatkan oleh-Nya sedikit saja.

Oleh sebab itu, dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1441 H ini kita mesti menyembelih sifat-sifat hewaniyah, sifat-sifat kebinatang-binatangan yang ada dalam diri kita hingga kita dapat menjadi manusia yang sejati, manusia yang patuh dan ta’at hanya kepada perintah Allah SWT saja serta meninggalkan larangan-larangannya.

Sampai pada puncaknya kelak kehidupan kita menjadi penuh cinta, kasih sayang dan rasa kerinduan mendalam untuk senantiasa menarik dan menghembuskan nafas-nafas Hu Allah setiap waktu. Apakah waktu berdiri, duduk dan terbaring.

Secara vertikal penyembelihan hewan kurban ini adalah bermakna tentang kepedulian kita terhadap sesama umat manusia, bukan hanya umat muslim saja namun juga seluruh manusia. Apalagi dalam nuansa Pandemi Covid-19 ini dimana kita mesti lebih menguatkan kesalehan sosial, saling berbagi, saling peduli terhadap sesama dan saling berkasih sayang antar sesama manusia.

BACA JUGA :  157 Calon Pejabat Eselon II dan III Pemprov Sumut Ikuti Seleksi

Ketua Yayasan Tahfiz Qur’an Yatim Dhuafa Nur Zam-Zam Abdul Hakim Siregar, S. Si., M.Pd mengucapkan ribuan terimakasih terhadap kepanitiaan, seluruh pengasuh pondok dan yang paling utama adalah Gubernur Sumatera Utara Ayah H. Edy Rahmayadi yang telah berbaik hati menyerahkan 2 ekor sapi untuk Pondok Pesantren Tahfiz Qur’an Yatim Dhuafa Nur Zam-Zam.

Lanjut Abdul Hakim Siregar menyatakan bahwa sosok Ayah H. Edy Rahmayadi adalah seorang pemimpin yang arif dan bijaksana, memiliki semangat tinggi dalam membangun Daerah Provinsi Sumatera Utara yang bermartabat bahkan sampai membangun Indonesia. Ia adalah seorang yang sangat peduli terhadap masyarakatnya dan sangat memperhatikan pondok-pondok pesantren serta masjid-masjid.

Muhammad Mas’ud Silalahi, S.Sos (Founder Komunitas Remaja Masjid Preneur) selaku Ketua Panitia Acara Penyembelihan Hewan Kurban juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia, penanggungjawab, wali santri dan masyarakat, terkhusus kepada Yayasan Ponpes Nur Zam Zam yang telah membantu prosesi acara penyembelihan hewan kurban. (asa/ms)

1,020 total views, 3 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *