TGB Apresiasi Menteri Sosial RI, Beri Bantuan ke Masyarakat Simalungun

Kunjungan Menteri Sosial
Tuan Guru Batak (TGB) Syekh H Dr Ahmad Sabban elRahmaniy Rajagukguk MA, memberi sambutan dan mengapresiasi kedatangan Menteri Sosial ke Simalungun

Asaberita.com – Simalungun – Tuan Guru Batak (TGB) Syekh H Dr Ahmad Sabban elRahmaniy Rajagukguk MA, mengapresiasi kunjungan Menteri Sosial RI Juliari Batubara ke Simalungun, untuk memastikan bantuan sosial pemerintah benar-benar sampai ke masyarakat.

“Kita mengapresiasi kunjungan kerja Menteri Sosial RI Bapak Juliari Batubara ke Simalungun. Kedatangan beliau untuk memastikan bantuan sosial dari pemerintah sampai sekaligus memberikan tambahan bantuan lainnya ke masyarakat Simalungun”.

Hal itu disampaikan TGB saat memberi sambutan mewakili tokoh agama dan masyarakat Simalungun, saat menerima kunjungan Menteri Sosial Juliari Batubara ke Simalungun, Kamis (12/11/2020).

Turut hadir pada acara itu Bupati Simalungun Zahir Batubara, Kapolres Simalungun, Ketua DPRD Sumut, Dinas sosial Sumut dan sejumlah tokoh lainnya.

Disebutkan TGB, para alim ulama, tokoh masyarakat, tokoh lintas agama dan masyarakat Simalungun secara umum menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, terkhusus kepada Mensos karena telah memberikan bantuan sosial kepada puluhan ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Simalungun, baik itu bantuan sosial tunai (BST) kepada KPM maupun bantuan kredit usaha mandiri (KUR) kepada pelaku usaha mikro.

BACA JUGA :  MRI-ACT Bantu Paket Pangan Untuk Korban Banjir Tebingtinggi

Kunjungan Menteri Sosial

Tidak hanya itu, Kementerian Sosial juga memberikan bantuan kepada pesantren-pesantren dan pondok parsulukan Babussalam Simalungun pimpinan TGB.

“Ini juga berkat kerja keras dan kegigihan Bupati Simalungun, yang meminta pemerintah pusat agar bisa lebih memperhatikan warga Simalungun. Untuk itu, masyarakat sangat mengapresiasi upaya dan kerja keras yang dilakukan Bupati ini,” imbuh TGB yang juga tokoh kerukunan dan Ulama kharismatik di Sumut.

Bupati Simalungun Dr JR Saragih dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Menteri Sosial RI. Bantuan ini, lanjut Bupati, sangat bermanfaat untuk masyarakat, pesantren-pesantren dan pondok persulukan, terutama di masa covid ini.

Menteri Sosial Juliari Batubara di kesempatan itu menyatakan, pemberian bantuan sosial dari pemerintah dan kehadirannya ke Simalungun untuk mewujudkan bahwa Negara hadir untuk melindungi dan memberikan rasa aman kepada masyarakat ditengah pandemi covid-19 yang masih melanda dunia. Mensos juga mengapresiasi kerukunan umat beragama di Simalungun sebagaimana dijelaskan TGB dalam sambutannya.

Mensos menyampaikan, di Kabupaten Simalungun Kementerian Sosial telah menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) kepada 41.592 KPM penerima senilai Rp152 juta.

BACA JUGA :  JEJAK "PENGARUH" TAREKAT [SUFI] : DARI MAKKAH SAMPAI KE TUAN GURU BATAK [TGB]

BST merupakan bantuan kepada masyarakat kurang mampu untuk mengatasi krisis sosial ekonomi pada masa pandemi covid-19.

Nilai BST gelombang I sebesar Rp600 ribu per KPM selama tiga tahap, yakni April hingga Juni. Lalu, gelombang II sebesar Rp300 ribu per KPM selama enam tahap, yakni Juli hingga Desember 2020.

“Nilai bantuan disesuaikan karena situasi krisis membaik dan harga mulai stabil,” kata Mensos.

Kunjungan Menteri Sosial

Mensos juga berharap kepada semua pihak dalam kondisi pandemi harus menjalankan protokol kesehatan.

Para KPM diminta untuk memanfaatkan dengan baik BST yang diterima. Bantuan tersebut diimbau digunakan untuk berbelanja kebutuhan pokok keluarga.

Disebutkan Mensos, Kabupaten Simalungun merupakan kabupaten dengan serapan tertinggi dan tercepat di Sumut. Kelancaran penyerapan ini berkat dukungan dari berbagai pihak, terutama pemerintah daerah. (has)

276 total views, 3 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *