BPEK PDIP Dorong Pengembangan Durian Unggul di Sumut

Sugianto Makmur
Kepala BPEK DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumut Sugianto Makmur.
Sugianto Makmur
Kepala BPEK DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumut Sugianto Makmur.

Asaberita.com, Medan – Bicara durian enak, tentu kita langsung teringat Musangking dan Montong. Dua varietas durian yang sangat terkenal. Apakah dua jenis durian ini durian hasil pemuliaan? Ternyata bukan.

Musangking dan Montong adalah durian kampung yang memang super. Berdaging tebal, biji buah kecil dan memiliki rasa yang enak. Di Indonesia, juga masih bisa ditemukan sejumlah jenis durian istimewa di daerah-daerah.

Bacaan Lainnya

Demikian disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (BPEK) DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumut Sugianto Makmur, Rabu (24/3/2021), di Medan.

Bertolak dari kenyataan di atas, BPEK PDI Perjuangan Sumut merasa sangat penting untuk segera menemukan dan memperbanyak Pohon Durian Unggul yang ada di seluruh Sumut. Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan Pohon bersangkutan ke Kementrian Pertanian sebagai Durian Unggul Nasional.

BACA JUGA :  Narkoba Bisa Rusak Keluarga, Nawal Lubis Ajak Emak-Emak Bersatu Perangi Narkoba

Ada berbagai jenis durian unggul lokal yang sudah terdaftar di Kementrian Pertanian. Contohnya Durian Bintana, Durian Sikapal, Durian Sikesit, Durian Tembaga, Durian Kane, Durian Otong, Durian Matahari, Durian Sijantung dan Durian Petruk. Varietas durian ini tersedia di UPT Benih Induk Hortikultura Gedung Johor, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara.

“Pada masa sekarang, karena pohon-pohon durian (di daerah) tersebut tidak pernah dipupuk, banyak buahnya yang menjadi tawar. Maka BPEK berinisiatif memberikan pupuk gratis. Pupuk ini adalah pupuk lengkap, unsur makro, unsur mikro, sulfat dan mikroba,” ungkap Sugianto Makmur yang didampingi Sekretaris BPEK Indah Dameria Lumban Tobing.

BPEK Sumut berencana, sesudah pohon berbuah, akan dilakukan verifikasi apakah buah tersebut layak dikategorikan sebagai Pohon Durian Unggul Nasional. Bila masuk kategori, maka akan segera didaftarkan ke Kementrian Nasional.

BACA JUGA :  Relawan Ganjar Suguhkan 1000 Paket Sembako Murah dan Jaran Kepang di Deli Serdang

Langkah terakhir, adalah membantu supaya tata niaga durian bisa menguntungkan petani durian. Ini dimulai dengan Sayembara Durian. Selanjutnya akan diperbanyak pohon-pohon bersangkutan untuk diberikan kepada masyarakat setempat.

“Dan akan dibantu supaya ada outlet penjualan durian unggul di kota-kota besar dengan harga yang menguntungkan petani,” harapnya.

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *