PAN Merapat ke Ganjar Pranowo ? Ini Kata Zulhas

Teks Foto : Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan. (foto/dc)
Teks Foto : Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan. (foto/dc)

Asaberita.com – Jakarta – Ketua Umum DPP PAN Bima Arya menyampaikan peluang Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) merapat ke PDIP bila Ganjar Pranowo diusung menjadi calon presiden (capres). Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) mengaku partainya belum membahas perihal itu.

“Oh belum, belum,” kata Zulhas dalam acara Total Politik seperti dikutip, Minggu (13/11/2022). Zulhas menjawab pertanyaan apakah sudah ada diskusi internal mengenai KIB berkoalisi dengan PDIP bila PDIP mencalonkan Ganjar sebagai capres.

Bacaan Lainnya

Zulhas menyebut partainya tidak melarang kader atau simpatisan untuk mengeluarkan pernyataan terkait capres. Bahkan, kata Zulhas, saat ini sudah ada sejumlah nama yang digaungkan masuk sebagai radar capres seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. “Pernyataan Bima boleh, sebelum diputusin boleh. Kemarin juga kan bagus ini Ridwan Kamil,” ujarnya.

Zulhas mengatakan selain Ganjar dan Ridwan, pihaknya juga sudah melihat dua sosok lain yang menurutnya layak maju dan punya modal besar untuk menjadi calon presiden. Dua sosok nama itu yakni Anies Baswedan dan Erick Thohir.

BACA JUGA :  Forum Aktifis 98 : Kampanye Ganjar For Presiden Bertujuan Gembosi PDIP

“Gini, Ganjar, Ridwan Kamil, Anies Rasyid Baswedan, Erick Thohir layak pantes, dan saya kenal itu orang-orang memang orang hebat, pintar, punya modal besar lah untuk membawa kita maju itu punya,” ujarnya.

Zulhas menyebut partainya terbuka untuk siapa pun. Dia pun tidak melarang kadernya berbicara terkait sosok calon presiden sebelum deklarasi.

“Karena kalau PAN ini kan partai memang terbuka, egaliter, orang semua punya hak yang sama, bebas aja, orang punya hak yang sama, bebas aja bicara bebas anu juga,” ujar Zulhas.

Sementara, Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul tidak percaya dengan pernyataan Bima Arya yang menyebut KIB akan merapat ke PDIP jika Ganjar Pranowo diusung menjadi calon presiden (capres).

“Menurut teorinya beliau, yang ngomong itu siapa? Singer lihat dulu, yang nyanyi dilihat dulu. Bima Arya siapa dikau?” kata Bambang Pacul, Rabu (2/11).

Hal itu disampaikannya dalam acara Adu Perspektif bertema “Gonjang-Ganjing Peringatan Gegara Pencapresan” yang disiarkan di detikcom atas kerja sama dengan Total Politik.

BACA JUGA :  Ngaji Kebangsaan ala FCMM Sumut, Membaca Aspirasi Nahdiyyin dan Nasionalis Jelang Pilpres 2024

Bambang Pacul menduga Bima Arya belum bicara dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas). Karena itu, Bambang Pacul tak percaya dengan Bima Arya.

“Itu pun belum tentu ngomong sama ketumnya, gitu loh. Mas Bima, mohon izin, Bambang Pacul tidak percaya kredibilitas dia bisa ngomong bahwa asumsi ini benar. Kalau belum bicara dengan Bang Zul,” katanya.

Selain itu, dia memandang, peluang KIB merapat ke PDIP juga belum jelas. Sebab, menurutnya, langkah politik KIB juga harus ada keputusan dari PPP dan Golkar yang juga anggota KIB. “Itu pun masih ada faktor lain. Ada PPP, ada Airlangga partai kuning (Golkar),” ucapnya.** dc

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *