Tim Gabungan Kepolisian Berhasil Tangkap Kembali Belasan Tahanan Kabur

Humas Polda Sunut
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Asaberita.com, Medan – Tim gabungan Polsek Labuhan Deli bersama Satuan Reskrim Polres Pelabuhan Belawan dan Ditkrimum Polda Sumut berhasil menangkap kembali belasan tahanan yang kabur dari berbagai tempat di kawasan Marelan, Kecamatan Medan Marelan, Rabu (28/7/2021).

Penangkapan kembali dilakukan petugas gabungan selama dua hari berturut-turut setelah melacak persembunyian para tahanan yang kabur di tempat keluarganya masing-masing di Marelan.

Informasi yang diperoleh, petugas gabungan berhasil memboyong kembali 14 orang tahanan dari 18 tahanan yang sebelumnya kabur. Sedangkan 4 tahanan lainnya yang masih belum tertangkap, diminta pihak kepolisian agar segera menyerahkan diri sebelum petugas memberi efek jera alias ditembak. Sebab kepolisian telah mengetahui tempat-tempat yang dimungkinkan sebagai persembunyian ke 4 tahanan yang merupakan tersangka kasus narkoba, pencurian dan penipuan.

“Yang belum tertangkap diharapkan segera menyerah ke Polsek Labuhan Deli, sebelum kita ambil tindakan tegas sebagai efek jera,” ucap Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi kepada wartawan melalui pesan WhatsApp, Rabu (28/7/2021).

BACA JUGA :  Timsus Kejaksaan Geledah Kantor KPU Sergai Terkait Dana Hibah Pilkada 2020

Disebutkan Kombes Hadi Wahyudi, para tahanan kabur dari sel Polsek Labuhan Deli itu terjadi pada 26 Juli 2021 sekitar pukul 04.00 WIB, dengan cara merusak gembok sel dengan kawat.

nst

Sejumlah tahanan yang kabur itu diketahui melarikan diri menuju kawasan Marelan. Namun petugas gabungan yang melihat peristiwa kaburnya tahanan itu tidak menyerah dan memburu para tahanan tersebut. Hasilnya sangat memuaskan, 14 tahanan kembali bisa ditangkap dan dikembalikan ke dalam sel tahanan.

Kasus kaburnya tahanan dari sel tahanan Polsek Medan Labuhan ini menjadi pelajaran bagi petugas untuk lebih memperketat pengawasan terhadap tahanan di sel, apalagi sejak pandemi Covid-19, banyak tahanan kejaksaan yang dibantarkan di sel tahanan kepolisian, sehingga sel-sel tahanan kepolisian terjadi over kapasitas.

BACA JUGA :  AMK Sumut Desak Kejatisu Tangkap Zainuddin Purba Terkait Perjalanan Dinas Fiktif DPRD Binjai

Menanggapi tertangkapnya kembali belasan tahanan yang kabur, Ketua Pewarta Polrestabes Medan, Chairum Lubis SH, memberikan apresiasi kepada Polsek Labuhan Deli, Polres Labuhan Belawan dan Ditreskrim Polda Sumut yang cepat menangkap para tahanan kabur itu.

“Hasil baik ini membawa suasana tetap aman dan kondusif di wilayah hukum Polsek Labuhan dan Belawan,” jelas penggiat sosial Kota Medan ini. (avd/has)

 170 total views,  2 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *