Aktivis 98 : Bargaining Partai Golkar Melemah

Aktivis 98
Muhammad Ikhyar Harahap
Aktivis 98
Muhammad Ikhyar Harahap

Asaberita.com, Medan — Hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Golkar menuju Pilpres 2024 memutuskan penetapan capres-cawapres Golkar di tangan Ketum Airlangga Hartarto. Rakernas tersebut berlangsung selama tiga hari sejak Sabtu – Senin (3-5/6/2023).

Menurut tokoh Aktivis 98 Muhammad Ikhyar Velayati, mandat yang diberikan Rakernas kepada Airlangga Hartarto cermin dari melemahnya bargaining Partai Golkar ketika negoisasi capres dengan koalisi KIB, KKIR maupun partai lain.

Bacaan Lainnya

“Hasil Rakernas yang memberikan mandat kepada Ketum Airlangga Hartarto untuk menetapkan koalisi maupun paket capres/cawapres cerminan melemahnya bargaining Golkar ketika berhadapan dengan koalisi KIB, KKIR maupun partai lain dalam mengusung Airlangga baik sebagai capres maupun sebagai cawapres,” ungkap Ikhyar di Medan, Senin (5/6/2023).

BACA JUGA :  Tuan Guru Batak : Musa Rajekshah Tokoh Perekat Kemajemukan

Ikhyar menjelaskan salah satu faktor yang membuat Partai Golkar kewalahan untuk membentuk koalisi Parpol mengusung Airlangga Hartarto sebagai Capres karena elektabilitasnya yang sangat rendah. Bahkan ketika Airlangga di turunkan posisinya menjadi Cawapres juga tidak membuat partai lain bergeming.

Ikhyar menambahkan, elektabilitas Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang konsisten di angka satu koma sejak tahun 2021 hingga saat ini merupakan anomali politik.

“Ini anomali sebenarnya. Bagaimana tidak, partai yang sudah pengalaman dan pernah berkuasa puluhan tahun, punya kekuatan logistik yang tidak terbatas, dan sosok yang diusung sedang menjabat Menko, bersih dan punya kinerja bagus, tapi mesin Partai selama bertahun tahun tidak mampu menaikkan popularitas maupun elektabilitas Airlangga Hartarto, hanya mampu menempatkan Ketum Golkar tersebut dalam kisaran CASAKOM atau Capres Satu Koma, ada apa ini?” tanya Ikhyar. (red/bs)

Loading

Admin
Latest posts by Admin (see all)
BACA JUGA :  Mencuat Wacana Koalisi Besar di Pilpres 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *