Anies Dinilai Mampu Tuntaskan Program Mobil Esemka yang Dicanangkan Jokowi

Mobil Esemka
Praktisi hukum dan politisi Partai Demokrat Kamaluddin Pane SH MH.
Mobil Esemka
Praktisi hukum dan politisi Partai Demokrat Kamaluddin Pane SH MH.

Asaberita.com, Medan — Praktisi hukum yang juga politisi Partai Demokrat Sumatera Utara (Sumut) Kamaluddin Pane SH MH, menilai kandidat Capres Anies Baswedan akan mampu melanjutkan dan menuntaskan program mobil Esemka sebagai mobil produksi dalam negeri yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Anies merupakan seorang pemimpin yang memiliki tradisi melanjutkan program pembangunan yang telah dirintis pihak lain, jika program itu pro rakyat dan berpengaruh pada pembangunan nasional,” kata Kamal Pane kepada wartawan, Rabu (9/8/2023) di Medan.

Bacaan Lainnya

Kamal Pane merujuk pada apa yang dilakukan Anies Baswedan dalam memperbaiki sistem transportasi teringrasi di DKI Jakarta, dimana program itu telah dirancang oleh Gubernur DKI jauh sebelum Anies terpilih sebagai Gubernur DKI.

“Harus kita akui, banyak program dan rencana pembangunan nasional yang telah dirancang sejak puluhan tahun lalu hingga sekarang belum terealisasi, walau telah melewati banyak pergantian pemimpin nasional,” terang Kamal.

Kamal Pane menyebut, sewaktu Orde Baru pemerintah Soeharto pernah mencoba merancang kebangkitan pabrik mobil nasional melalui kerjasama dengan Korea untuk membuat mobil timor. Selanjutnya, Pemerintah Jokowi merancang pembangunan mobil nasional bernama ESEMKA.

BACA JUGA :  Rahudman Ajak Warga Perumnas Mandala Bangun Jembatan Hati

“Mungkin karena banyak kendala atau masih dalam persiapan, sehingga program ini belum terlihat hasilnya. Dan ini yang saya yakini jika Anies Baswedan terpilih sebagai presiden pada Pilpres 2024, beliau pasti mampu melanjutkan program pembuatan mobil nasional itu,” ucap Kamal menyakinkan.

Menurutnya, Anies Baswedan merupakan pemimpin yang berpikiran matang, sehingga ia pasti dapat melihat program-program nasional mana saja yang perlu dilanjutkan untuk kemajuan Indonesia.

Misal, melanjutkan pembangunan jalan tol adalah hal yang memang wajib dilanjutkan. Karena pembangunan jalan tol akan mendorong lahirnya kemajuan ekonomi secara multi sektor. Sementara pembangunan Mobil Nasional ESEMKA merupakan langkah strategis, karena kebutuhan mobil penumpang dan mobil barang sebagai sarana pembangunan nasional sangat dibutuhkan.

Maka tidak mengherankan manakala industri mobil asal Jepang, Eropa, Amerika sangat berkembang di pasar Indonesia, langkah awal adalah harus ada dulu tindakan konkrit dan selanjutnya penyempurnaan dalam produksi agar mampu bersaing dengan produsen mobil asing,” terang Kamal.

Kamal juga menerangkan bahwa capaian Anies Baswedan selama memimpin DKI Jakarta tergolong sukses, dan berbagai capaian tersebut telah meyakinkan publik nasional dan internasional bahwa Anies layak memimpin indonesia.

Kendala transportasi selama puluhan tahun di Jakarta misalnya, telah diselesaikan oleh Anies Baswedan melalui Reformasi Sistem Transportasi Terintegrasi yang mengakomodasi prinsip kesejahteraan pekerja sektor transportasi dan kemajuan teknologi transportasi, dan mendorong pemakaian sepeda secara massif. Kreasi dan pencapaian ini telah diakui dunia internasional.

BACA JUGA :  Pro Anies Segera Umumkan MoU 'Koalisi Perubahan'

“Karenanya DKI dibawah kepemimpinan Anies Baswedan telah dianugerahi penghargaan Suitainable Transport Award (STA) 2021. Penilaian atas kota-kota yang mengikuti ajang Suitainable Transport Award (STA) dilakukan oleh Komite Juri yang terdiri dari lembaga internasional, seperti Institute for Transportation and Development Policy, Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives.

Tim Suitainable Transport Award menilai pengguna Transjakarta pada kurun waktu Februari 2020 sempat mencapai rekor baru 1 juta pelanggan harian, walaupun masa itu tengah menghadapi pandemi, Transjakarta tetap melayani pelanggan dengan mengutamakan protokol kesehatan.

“Perencanaan dan realisasi konsep pembangunan yang dilakukan oleh Anies Baswedan tergolong bagus, bukan asal-asalan,” ujar Kamal Pane. (red/bs)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *