TGB Dr Syekh Ahmad Sabban Rajagukguk Terpilih Sebagai Presiden Alumni UINSU

TGB Syekh Dr Ahmad Sabban El-Rahmaniy Rajagukguk MA. (foto/ist/msj)
TGB Syekh Dr Ahmad Sabban El-Rahmaniy Rajagukguk MA. (foto/ist/msj)

Asaberita.com – Medan – Tuan Guru Batak (TGB) Dr H Ahmad Sabban El-Rahmany Rajagukguk MA terpilih secara aklamasi sebagai Presiden Alumni Universistas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan periode 2020-2024. Pengesahan TGB sebagai Presiden Alumni UINSU berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani Rektor UINSU Prof Dr Saidurrahman MAg Nomor 167 Tahun 2020 tanggal 9 Juni 2020.

Selain menetapkan TGB Dr Ahmad Sabban El-Ramany Rajagukguk MA sebagai Presiden Alumni UINSU Medan, Rektor Prof Dr Saidurrahman MAg juga mengesahkan susunan kepengurusan alumni UINSU periode 2020-2024. Terdiri dari susunan pengurus harian yang dilengkapi unsur wakil presiden, wakil sekjen dan dilengkapi dengan pengurus divisi yang diambil dari alumni UINSU.

Bacaan Lainnya

TGB Ahmad Sabban Rajagukguk yang dikonfirmasi wartawan, Rabu (09/06/2020), membenarkan dirinya sebagai Ketua Umum Alumni UINSU Medan yang dalam struktur pengurusan disebut Presiden Alumni berdasarkan SK Rektor UINSU Nomor 167 Tahun 2020.

“Saya diamanahkan teman-teman alumni untuk menjadi Presiden Alumni. Semula saya mencoba menolak karena saya juga memiliki aktifitas  yang padat, namun karena kepercayaan teman-teman alumni bahwa kita mampu berkontribusi untuk pengembangan dan kemajuan kampus. Dengan “Bismillah” kita ikhlas mengabdi dan memberikan dedikasi untuk kemajuan UINSU,” katanya.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu telah digelar rapat dihadiri  perwakilan alumni, para wakil dekan III di ruang wakil rektor III. Kemudian tindaklanjut tersebut, pada Senin (08/06) dilakukan rapat kembali di Rumah Dinas Rektor UINSU Jalan Sutomo Ujung Medan. Rapat dihadiri perwakilan ketua Alumni sekawasan UINSU dan dihadiri perwakilan Wakil Dekan III se-kawasan UINSU. Rapat tersebut langsung dihadiri Rektor UINSU Prof Dr Saidurrahman MAg.

Rapat dengan agenda tunggal pemilihan Presiden UINSU periode 2020-2024, menetapkan secara aklamasi TGB Ahmad Sabban Rajagukguk sebagai Presiden Alumni UINSU empat tahun ke depan. Dengan terpilihnya TGB, maka kepengurusan yang sebelumnya dipimpin H Fadly Nurzal S.Ag tidak berlaku lagi. Pada rapat tersebut juga, disepakati kriteria alumni UINSU adalah alumni S1, S2 dan S3, atau lulusan salah satu di antaranya. Hal itu guna memperluas jaringan dan kontribusi para alumni yang ada di manapun untuk kemajuan UINSU Medan.

BACA JUGA :  Relawan Buruh Sahabat Jokowi Minta Bobby Nasution Fokus Tuntaskan Pembangunan di Kota Medan

Guru besar UINSU Prof Dr Syukur Kholil MA yang juga Direktur Pascasarjana UINSU mengapresiasi dan menyatakan bangganya atas kesediaan TGB Ahmad Sabban Rajagukguk menjadi Presiden Alumni UINSU Medan.

“TGB, dari segi potensi, kecakapan, jaringan dan ketokohan sangat tepat menjadi ketua atau presiden alumni. Kami berharap dengan terpilihnya TGB sebagai Presiden Alumni UINSU, alumni semakin kokoh dan sama-sama dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan UINSU di masa akan datang,” kata Prof Dr Syukur Kholil MA.

TGB Ahmad Sabban Rajagukguk ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan, alumni merupakan cermin kampus UINSU hari ini dan masa akan datang. Oleh karenanya, dirinya berharap dengan adanya kepengurusan alumni yang sudah dibentuk tersebut, semua pihak baik alumni yang bekerja di kampus maupun alumni yang mengabdikan dirinya di luar tengah-tengah masyarakat, dapat bersinergi dengan baik untuk sama-sa mengembangkan UINSU empat tahun ke depan.

Sosiolog UINSU Dr Ansari Yamamah MA menilai terpilihnya TGB menjadi Presiden Alumni sangat terpat. Karena didasari beberapa faktor. Pertama, TGB memiliki kapasitas sebagai presiden. Kedua, latarbelakang jaringan, baik lokal nasional bahkan internasional. Ketiga, keilmuan dan wawasan kebangsaan. Keempat, seni manajerial dan jiwa kewirausahaan. Sedangkan kelima, beliau merupakan tokoh spiritual dan sosial.

Pengamat Komunikasi Politik UINSU Dr Anang Anas Azhar MA menyebutkan, terpilihnya TGB Ahmad Sabban Rajagukguk merupakan warna baru UINSU. Dirinya yakin TGB akan sepenuh hati berpikir untuk menyatukan seluruh alumni yang berada di mana saja.

“Melalui sosok TGB yang dekat dengan sejumlah tokoh nasional dan tidak memisahkan alumni yang berada di kota dan desa, saya yakin kapal besar alumni UINSU akan berjalan sukses,” katanya.

Para alumni yang sukses di luar, kata Anang, akan berkhidmat menyumbangkan kontribusi pemikiran demi pengembangan UINSU selama kepemimpinan TGB empat tahun ke depan.

BACA JUGA :  Hamdan Simbolon: PKB Kota Medan Terjunkan Tim Safari Ramadhan dan Adakan Aksi Sosial

Rektor UINSU Prof Dr Saidurrahman MAg berkeyakinan penuh bahwa terpilihnya TGB sebagai presiden akan mampu memberikan partisipasi penuh dalam akselerasi UINSU menuju World Class University 2045, untuk peradaban Sumut, Indonesia dan dunia.

Adapun susunan kepengurusan Alumni UINSU Medan Periode 2020-2024 adalah Presiden TGB. Dr. Syekh H. Ahmad Sabban El-Rahmany Rajagukguk MA, Wakil Presiden Dr Maraimbang Daulay MA, Sekretaris Jenderal  Dr Mesiono M.Pd, Wakil Sekretaris Dr Muktarruddin, MA, Bendahara Dr Hj  Nurlela Harahap MA, Wakil Bendahara Dr Iwan Nasution M.HI.

Sedangkan devisi-devisi di antaranya, Divisi Jaringan dan Kemitraan, Kordinator  Dr Sahdin, M.Ag, angggota Dr Dahlia Lubis, MA, Dr M Syukri Albani Nasution, MA, Dr M. Rivai, M.Pd. Divisi Ekonomi dan Pengembangan Bisnis, Koordinator Drs. H. Sokon Saragih, MA, anggota Sangkot Azhar Rambe, M.Hum, Solahuddin Harahap, MA, Muhammad Hafizh ME. Devisi Riset dan Pengembangan Keilmuan. Koordinator  Prof Dr Syukur Kholil, MA, anggota Dr Ansari Yamamah, MA, Dr H. Azhari Akmal Tarigan, M.Ag, Dr. Shakholid Nasution, MA.

Kemudian, Divisi Dakwah dan Pengabdian Masyarakat. Koordinator Dr H Muhammad Husni Ritonga, MA, anggota Dr H Wirman Tobing, MA, Dr H Hasrat Efendi Samosir MA, Dr Muhammad Faisal Hamdani, MA. Deisi Hubungan Internasional, Koordinator Dr. Phil. Zainul Fuad, MA, anggota  Dr Muhammad Dalimunthe, M.Hum, Rustam Pakpahan MA, H. Ali Akbar Simbolon, Lc, MA. Dan Devisi Humas dan Komunikasi. Koordinator Dr Anang Anas Azhar MA, anggota Abror M. Daud Faza, MA, Hasan Basri S.Ag, Rahmat Daim Harahap, ME, Muhammad Mas’ud Silalahi, S.Sos.I. ** msj

 

 

 

 

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *