Jangan Jemawa, Timnas U-22 Masih Belum Aman, Ini Hitung-Hitungannya

Para pemain Timnas U-22 Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan jelang laga Grup B SEA Games 2019 kontra Brunei, Selasa (3/12/2019). (Media Officer PSSI)

JAKARTA – Timnas Indonesia U-22 sukses menjaga peluangnya untuk melaju ke babak semifinal SEA Games 2019 pada Selasa, (3/12/2019).

Di laga keempat kontra Brunei Darussalam, Indonesia yang bertanding di Stadion Binan sukses menang telak.

Indonesia berhasil menang dengan skor 8-0 yang menjadi salah satu rekor gol terbanyak selama gelaran SEA Games.

Skor 8-0 ini lantas membuat Indonesia merangsek naik ke peringkat kedua klasemen sementara Grup B SEA Games 2019.

Indonesia menyalip Thailand yang meskipun sama-sama mengoleksi poin sembilan, namun lebih produktif dalam segi selisih gol dan head to head tentunya.

nst

Seperti dikutip dari laman BolaSport.Com, meski peluang Indonesia untuk lolos ke babak semifinal sangat besar karena mereka bakal berhadapan dengan Laos pada Kamis, (5/12/2019), Indonesia tetap masih belum sepenuhnya aman.

Peluang untuk Indonesia gagal melaju ke semifinal juga cukup besar ternyata. Ada beberapa hitung-hitungan di laga pamungkas nanti mulai dari lolosnya Indonesia sampai gagalnya Indonesia.

Indonesia Lolos Sebagai Juara Grup

Di laga pamungkas nanti Indonesia bakal berhadapan dengan Laos, sedangkan Thailand bakal saling bunuh dengan Vietnam.

Jika dalam laga kontra Laos nanti Indonesia menang, maka tim Garuda Muda bakal mengoleksi 12 poin.

BACA JUGA :  Sumut Mulai Persiapan Menuju Kejurnas Rally dan APRC

Sedangkan jika Vietnam digulung Thailand, Vietnam dan Thailand bakal mengumpulkan sama-sama 12 poin.

Dengan begitu, Indonesia, Vietnam, Thailand sama-sama bakal memperoleh 12 poin.

Dalam kasus ini Indonesia masih bisa keluar sebagai juara grup jika mereka menang telak atas Laos melampaui jumlah selisih gol milik Thailand atau Vietnam.

Para pemain timnas U-22 Indonesia merayakan gol Egy Maulana Vikri ke gawang Thailand dalam laga Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorium, Selasa (26/11/2019). (Media Officer PSSI)

Indonesia Lolos Sebagai Runner Up

Mungkin hitung-hitungan ini berbeda sedikit seperti hitung-hitungan di atas, karena jika Vietnam sukses mengalahkan Thailand, maka mereka bakal mengoleksi 15 poin yang sudah pasti tidak bakal bisa dikejar oleh Indonesia.

Meski Indonesia menang atas Laos, Indonesia maksimal hanya akan mampu mengumpulkan 12 poin saja.

Selain itu, Vietnam walaupun bermain imbang dengan Thailand tetap bakal menjadi jawara grup B SEA Games 2019 dengan koleksi 13 poin.

Singkatnya, Indonesia akan gagal menjadi juara grup jika Vietnam menang atau imbang dari Thailand.

Indonesia Gagal Lolos ke Semifinal

Ini mungkin mimpi buruk yang paling tidak diinginkan oleh semua rakyat Indonesia. Oleh sebab itu, Indonesia harus tetap waspada atas kekuatan Laos meski tim ini memang tak diunggulkan.

Jika Indonesia kalah atas Laos, torehan poinnya akan tetap sembilan. Sementara jika Thailand dan Vietnam bermain imbang, masing-masing akan mendapatkan tambahan satu poin sehingga Thailand akan lolos karena mengoleksi total poin 10 sedangkan Vietnam mengoleksi total poin 13.

BACA JUGA :  Choking Dorong La Nyalla Maju Jadi Ketum PSSI

Kemungkinan ini juga masih bisa terjadi jika Indonesia kalah dari Laos namun di sisi lain Thailand berhasil mengalahkan Vietnam.

Kemungkinan ini memang kecil, namun dalam sepak bola apapun bisa terjadi. Jika Indonesia lolos sebagai runner up, mereka bakal menghadapi Kamboja sedangkan jika keluar sebagai juara grup, Garuda Muda bakal melawan runner up dari Grup A.

Yang jelas, baik Vietnam, Thailand, dan Indonesia, belum ada yang sepenuhnya aman saat ini. (red/has)

Empat pemain timnas U-22 Indonesia; Syahrian Abimanyu, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, dan Zulfiandi bergembira saat merayakan gol ke gawang timnas U-22 Singapura pada laga kedua sepak bola putra SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, 28 November 2019. (Media Officer PSSI)

 1,985 total views,  2 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published.