Manfaat Minum Air Putih Masa Covid-19

Ummi Rahmah Siregar. (foto/msj)

Oleh : Ummi Rahmah Siregar

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai tubuh sehat? Apalagi tanpa menguras dompet. Healty lifestyle sedang menjadi salah satu hal yang booming dan popular. Salah satunya dengan air putih. Tidak dapat dipungkiri bahwa air putih adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi tubuh kita.

Air merupakan komponen yang mempengaruhi 60% dari berat tubuh. Setiap sistem dalam tubuh membutuhkan air agar dapat berjalan sesuai fungsi. Jika tubuh mengalami asupan air yang rendah, maka akan mengakibatkan dampak buruk bagi tubuh, salah satunya dehidrasi.

Dehidrasi merupakan keadaan saat tubuh kehilangan lebih banyak air putih dari yang dikonsumsi. Jika tubuh tidak terpenuhi air putih maka mengakibatkan berbagai dampak buruk bagi tubuh. Seperti misalnya tingkat konsentrasi menurun, kulit menjadi kering, sembelit atau susah buang air besar, pusing, dan berbagai dampak negatif lainnya. Agar kita dapat terhindar dari dehidrasi, maka kita harus memulai kebiasaan hidup sehat dengan cara rutin minum air putih.

Konsumsi air putih sangat penting karena air sangat penting untuk kesehatan organ tubuh manusia. Namun untuk mengonsumsi air putih pun ada beberapa aturan yang sebaiknya diikuti, untuk mendapatkan dampak positif bagi tubuh. Dilansir dari situs artikel kesehatan, setidaknya ada enam manfaat dari minum air putih.

nst

Menjaga kadar air dalam tubuh .Tubuh manusia terdiri dari 60 % air, dimana air yang ada dalam tubuh kita tersebut digunakan untuk semua proses biologis yang terjadi didalam tubuh, seperti produk saliva, proses pencernaan sampai sirkulasi darah. Meminum air secara teratur membantu proses biologis dalam tubuh agar bekerja semestinya.

Meminum air secara teratur dapat mengontrol jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Terkadang, kita salah memahami sinyal yang diberikan oleh tubuh. Seringkali kita mengira tubuh yang kekurangan air sedang kelaparan. Oleh karena itu mengkonsumsi air yang cukup, bisa mengurangi kesalahan memahami kondisi tubuh dan mencegah jumlah kalori berlebih masuk ke tubuh.

Air memberi energi yang cukup untuk otot kamu. Meminum air secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan tubuh, mencegah otot menjadi lemas. Otot memerlukan air untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari.

BACA JUGA :  Dampak KKN Daring Bagi Mahasiswa

Air membuat kondisi kulit lebih cantik. Jika kita mengalami dehidrasi, kulit kita akan terlihat lebih kering dan berkerut. Sebaliknya, jika kita mengkonsumsi air dalam jumlah seharusnya. Maka kulit akan terhidrasi dengan baik dan tampak lebih kenyal dan sehat.

Air membantu kinerja ginjal. Ginjal memiliki peran dalam membersihkan tubuh dari racun dan mengolahnya menjadi urin. Kinerja Ginjal akan maksimal jika tubuh kita mengkonsumsi air sesuai kebutuhan tubuh kita. Konsumsi air yang rendah akan menghambat kinerja ginjal dan dalam jangka panjang mampu menimbulkan berbagai komplikasi kesehatan.

Air dapat mencegah timbulnya masalah sembelit. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan mengalirkan air pada saluran pencernaan secara lancar dan mencegah sembelit. Sebaliknya jika tubuh kekurangan air, maka usus besar akan menarik air ditubuh untuk menjaga kadar dehidrasi organ sehingga terjadi permasalahan pencernaan seperti masalah sembelit.

Tapi tahukah kamu biasakan untuk duduk saat minum. Barangkali anjuran yang satu ini terdengar seperti hal yang sepele. Namun sebenarnya minum air putih saat duduk memberikan berbagai dampak positif bagi tubuh. Seperti memperlancar sistem pencernaan. Sebaliknya, jika sering minum sambil berdiri dapat membahayakan kesehatan ginjal.

Kebutuhan air putih setiap orang berbeda beda. Setiap harinya, tubuh akan kehilangan cairan melalui berbagai proses seperti bernafas dan buang air kecil. Cairan yang hilang tersebut harus terus digantikan agar manfaat air putih yang beragam bisa di dapatkan. Kebutuhan cairan dapat berbeda pada pria dan wanita. Pada umumnya minum air putih delapan gelas per hari. Namun Pria membutuhkan 3,7 liter cairan per hari. Sementara itu, tubuh wanita memerlukan 2,7 liter cairan setiap harinya.

Salah satu cara hidup sehat yang paling murah adalah mengonsumsi air putih. Perbanyaklah minum air putih dan tubuh akan berterima kasih untuk itu. Tidak hanya dengan air putih, kebutuhan cairan juga bisa didapatkan dari minuman lain, buah, hingga sayur. Lantas apa tips cara memilih air minum sehat?

BACA JUGA :  Kinerja Menteri Jokowi Lamban, Ini Kata DPP PKS

Pertama, Cek sumber airnya. Sumber air menjadi poin yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan saat memilih air minum dalam kemasan. Dr. Joseph Mercola, anggota American College Nutrition, menyatakan bahwa mata air pegunungan merupakan sumber air yang ideal dan baik untuk diminum. Dengan begitu, minum air dari mata air alami tak hanya membuat kebutuhan cairan terpenuhi tetapi juga membuat Anda tetap sehat.

Kedua, Cek kandungan mineralnya. Air mineral menjadi salah satu sumber terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan. Untuk itu, sebaiknya pilih produk yang dalam label kemasannya menyertakan keterangan “air mineral”. Seperti: Kalsium, Natrium, Magnesium. karena mineral dalam air merupakan ion bebas yang lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan yang ada pada makanan.

Ketiga, Cek warna airnya. Dalam penelitian yang diterbitkan pada Clinical Cases in Mineral and Bone Metabolism, dinyatakan bahwa air yang diminum haruslah jernih dan tidak berwarna. Pasalnya, hal ini menjadi salah satu tanda bahwa tidak ada mikroorganisme pembawa penyakit dan bahan kimia berbahaya untuk tubuh di dalam air.

Keempat, Cek bau dan rasa airnya. Pilihlah yang tidak berbau dan berasa. Pilihlah air kemasan yang memiliki tingkat pH ideal antara 6,5 sampai 7,5. Kelima, Cek kemasannya. Kemasan menjadi salah satu tanda penting bahwa produk yang dibeli masih terjamin keasliannya. Jamin kemurnian air minum dalam kemasan dengan mencocokkan kode produksi di tutup dan badan botol.

Nah, setelah tahu manfaat penting dari minum air putih. Jangan malas lagi ya dalam mengkonsumsi air putih! ** msj

 

** Penulis adalah mahasiswa Program Studi Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM UINSU Medan, peserta KKN-DR 2020 kelompok 119 **

 3,275 total views,  2 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *