Eli Mahrani Minta Dilibatkan dalam Setiap Program Dekranasda

Dekranasda
Ketua Dekranasda Madina Ny. Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution memberikan sambutan pada Rakor Dekranasda di Bagas Godang, Desa Purbabaru, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Kamis (10/8).
Dekranasda
Ketua Dekranasda Madina Ny. Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution memberikan sambutan pada Rakor Dekranasda di Bagas Godang, Desa Purbabaru, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Kamis (10/8).

Asaberita.com, Madina — Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Ny. Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution meminta agar selalu dilibatkan dalam berbagai kegiatan dekranasda di kabupaten maupun di kecamatan.

Permintaan itu ia sampaikan saat memberi sambutan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Dekranasda Madina yang dilaksanakan di Bagas Godang, Desa Purbabaru, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Kamis (10/8/2023).

Bacaan Lainnya

Eli Mahrani mengatakan dirinya ingin berkontribusi dan membantu pengembangan dan pemberdayaan UMKM dan ekonomi kreatif melalui dekranasda.

“Saya sebagai Ketua Dekranasda meminta kepada pimpinan OPD terkait untuk melibatkan kami atau berkoordinasi dengan dekranasda pada setiap kegiatan dan program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang ada di instansi bapak-ibu. Saya mau lihat langsung bagaimana di lapangan dan praktik langsungnya gimana,” pinta Eli Mahrani.

BACA JUGA :  Pemkab Madina Gelar PIN Polio Anak

Lebih lanjut dikatakan Eli Mahrani, khususnya kepada Dinas Perindag agar membuat program atau kegiatan pemberdayaan UMKM dan ekonomi kreatif di Madina, agar para pelaku usaha memiliki wadah atau sarana untuk berinovasi yang secara tidak langsung juga menjadi tujuan dekranasda.

“Saya berharap dengan rakor ini dapat membangun atau menghidupkan kembali nama dekranasda,” ucap Eli Mahrani.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Parlin Lubis berharap setiap OPD berkontribusi terhadap kegiatan dekranasda yang merancang lima kegiatan, yaitu, latihan pembuatan tahu dan tempe, merangkai bunga, menjahit, membuat amak lampisan dan gula semut.

“Kami berharap ada pemberdayaan ditengah masyarakat dari program yang kita buat,” kata Parlin.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Sumut Desak Gubernur Prioritaskan Perbaikan Jalan Provinsi di Simalungun

Parlin mengatakan, Pemkab melalui OPD terkait dan dekranasda, perlu melakukan pelatihan-pelatihan agar pelaku UMKM memiliki pengetahuan dan wawasan dalam mengembangkan usaha mereka.

“Itu agar pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Madina dapat lebih terampil melakukan inovasi produk dan pemasaran, agar perekonomian masyarakat semakin meningkat,” imbuh Parlin. (red/dm)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *