Didera Berbagai Issu, IPNU Sumut Minta Menag Evaluasi Kinerja Rektor UINSU

Surat
Surat IPNU Sumut yang meminta Menteri Agama segera meninjau kembali kinerja Rektor UINSU.

 

Asaberita.com, Medan – Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) Sumatera Utara (Sumut) meminta Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas segera mengevaluasi kinerja Rektor UINSU Prof Dr Syahrin Harahap, terkait berbagai issu dan permasalahan yang menderanya.

Pasalnya, akibat berbagai issu yang berkembang di UINSU dan menimpa rektor, mulai dari dugaan plagiasi, jual beli jabatan, permainan proyek dan lainnya, dikhawatirkan akan membuat citra UINSU di masyarakat jadi jelek.

“Kondisi UINSU saat ini yang carut-marut dengan berbagai issu yang tak terselesaikan, menggiring opini publik bahwa UINSU yang sejatinya adalah tempat menimba ilmu pengetahuan, kini berubah fungsi menjadi ajang untuk memperkaya diri sendiri, keluarga dan kelompok”. Demikian disampaikan Ketua IPNU Sumut M Hariadi Nasution, Selasa (11/5/2021), kepada wartawan melalui sambungan telepon selular.

Karena itulah, ujar Hariadi, IPNU Sumut mengirimkan surat permohonan ke Menteri Agama agar segera mengevaluasi kinerja rektor. “Kami mengirimkan surat tertanggal 3 Mei 2021 dan diterima pihak Kemenag RI tanggal 6 Mei 2021,” sebutnya sembari mengatakan tembusan surat itu juga disampaikan ke Rektor UINSU.

BACA JUGA :  Forum Aktifis 98: Kriminalisasi, Pemidanaan Wartawan karena Pemberitaan

Dalam surat permohonan itu juga, imbuh Hariadi, IPNU Sumut turut melampirkan berbagai informasi dan pemberitaan terkait permasalahan yang terjadi di UINSU.

“IPNU Sumut berpendapat, jika Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas tidak segera turun tangan, maka persoalan yang terjadi di UINSU akan terus berlarut-larut. Ini dikhawatirkan membuat citra UINSU menjadi buruk serta akan mengikis kepercayaan masyarakat untuk mempercayakan anak-anaknya menimba ilmu di UINSU,” jelas Hariadi.

IPNU Sumut, lanjutnya, sebagai bagian dari elemen Sumatera Utara khususnya di bidang pendidikan/pelajar merasa terpanggil dan berkeinginan agar persoalan yang terjadi di UINSU segera terselesaikan, agar nama baik kampus Islam kebanggaan masyarakat Sumut itu dapat tetap terjaga.

Apa yang dilakukan IPNU Sumut ini juga mendapat dukungan penuh dari IPNU Pusat. Salah seorang pengurus IPNU Pusat, Torus, menyatakan bahwa mereka turut mengawal pengaduan permintaan yang disampaikan IPNU Sumut ke Menteri Agama terkait persoalan yang terjadi di UINSU.

BACA JUGA :  JAMSU : Jokowi Dorong PKB dan PDIP Bersatu pada Pilpres 2024

“Kita kawal permintaan dari IPNU Sumut agar Menteri segera mengevaluasi kinerja Rektor UINSU. Dan informasi yang kita dapat, saat ini surat itu sudah sampai ke tangan Menteri Agama. IPNU Pusat dan IPNU Sumut juga berencana melakukan audiensi langsung dengan Menteri Agama setelah Idul Fitri nanti, untuk menyampaikan langsung berbagai persoalan yang terjadi di UINSU,” kata Torus melalui sambungan telepon.

471 total views, 9 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *