Gibran-Bobby Daftar Pilkada Lewat PDIP, Puan: Keputusan Ada di Ketum Megawati

Ketua DPP PDIP Puan Maharani (Foto: detikcom)

Asaberita.com-Jakarta — Putra dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution, sudah mendaftar penjaringan melalui PDIP untuk maju di Pilkada 2020. Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan keduanya nantinya akan mengikuti proses seleksi yang ada di partai sebelum diberikan rekomendasi.

“Karena masuknya dari PDIP, akan ikuti mekanisme fit and proper yang ada di PDIP, kalau kami atau PDIP menyatakan lulus kemudian siap untuk ikut dalam mekanisme tersebut, tentu saja kami akan hormati semua orang yang mendaftar lewat PDIP,” kata Puan di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Jumat (13/12/2019).

Bacaan Lainnya

Puan juga menepis majunya Gibran dan Bobby melalui PDIP menghapus ‘tradisi’ partainya untuk memprioritaskan kader. Sebab, kata dia, biasanya bakal calon yang maju melalui PDIP adalah kader partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu.

BACA JUGA :  Pilpres 2024, PDIP Lebih Realistis Gandeng Gus AMI Ketimbang Ganjar

“Nggak ada. Gibran setahu saya itu sudah masuk dalam PDIP. Biasanya calon yang masuk akan maju jadi calon dari PDIP itu sudah punya kartu anggota dari PDIP. Atau bisa juga mewakili PDIP. Saya rasa pilihan mereka untuk maju melalui PDIP sudah melalui pertimbangan matang untuk bersama-sama dengan PDIP, bukannya kita memutus kader ya. Mereka berdua kalau nanti mendapat rekomendasi dari ketua umum adalah salah satu kader-kader yang akan kita dorong untuk maju dalam pilkada,” tuturnya.

Lagipula, menurut Puan, nantinya baik Gibran maupun Bobby masih harus melalui proses seleksi di partai. Semua keputusan apakah keduanya bisa maju melalui PDIP, kata dia, ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Ketua umum. Rekomendasi itu ada di Ketua Umum,” kata Puan.

Di sisi lain, Puan juga meminta semua pihak untuk tak memperdebatkan pencalonan Gibran dan Bobby. Dia meminta semua pihak untuk memberi kesempatan kepada keduanya.

“Sekarang ini kan era pemilihan langsung, jadi rakyat yang akan memilih, biarkan rakyat yang memilih. Yang harus dipastikan jangan sampai dalam pelaksanaan nanti pilkada tersebut menggunakan hal-hal yang di luar dalam hak warga negara dalam bertarung di lapangan,” ujarnya.

BACA JUGA :  NasDem Sumut Minta KPU Serius Lakukan Pendataan Pemilih

“Jadi beri kesempatanlah, namanya ada warga negara yang ingin maju dalam satu pertarungan pilkada melalui mekanisme yang sah dan sesuai. Saya rasa biar rakyat yang memilih nanti,” sambung Puan.

Seperti diketahui, putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, telah resmi mendaftar penjaringan pilkada via DPD PDIP Jawa Tengah untuk maju di pemilihan wali kota Solo. Sementara, menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, mendaftar penjaringan bakal calon wali kota Medan via PDIP dan Partai Golkar. (dtc/red)

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *