Cuka dan Jeruk Nipis Bisa Menjadi Desinfektan Alami

Cuka dan Jeruk Nipis
Foto: istimewa

Asaberita.com¬†– Jakarta –¬†Salah satu cara untuk membersihkan kuman dan virus adalah menggunakan desinfektan. Tidak melulu mengandung alkohol, ada desinfektan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Umumnya desinfektan dibuat menggunakan alkohol, tujuannya untuk membunuh kuman, bakteri dan virus penyebab penyakit. Tapi sebenarnya desinfektan bisa dibuat dengan bahan alami. Kandungan antibakteri pada bahan alami ini bisa diandalkan untuk membunuh kuman secara efektif.

Cuka dan Jeruk Nipis
Foto: istimewa

Ada beberapa bahan yang bisa diracik menjadi desinfektan alami, Anda bisa menyiapkan cuka, soda kue, jeruk nipis dan beberapa minyak atsiri alami. Desinfektan alami ini juga bisa dibuat dengan mudah. Pengaplikasiannya juga sangat mudah dan pastinya aman tanpa bahan kimia berbahaya.

BACA JUGA :  Gatot dan Edy Minta Jangan Tinggalkan Masjid Karena Takut Corona

Anda cukup menyiapkan cuka, air dan minyak atsiri. Untuk minyak atsiri, Anda bisa memilih aroma sesuai selera. Bisa menggunakan minyak atsiri jeruk nipis, kayu manis, adas ataupun minyak atsiri cengkeh.

Gunakan perbandingan 1:1 antara cuka dan air. Campur dan aduk rata kemudian tambahkan beberapa tetes minyak atsiri. Simpan cairan desinfektan ini pada botol yang dilengkapi alat semprot lalu aplikasikan pada berbagai barang atau area yang sering disentuh.

Selain larutan cuka dan air, Anda juga bisa membuat desinfektan alami dengan campuran cuka dan soda kue. Cara membuatnya juga tidak sulit, bahkan hanya memerlukan waktu kurang lebih 10 menit saja.

Cuka da Jeruk Nipis
Foto: istimewa

Siapkan air panas, cuka putih dan soda kue. Campur semua bahan lalu aduk hingga rata. Tambahkan perasan air lemon atau jeruk nipis, aduk kembali dan diamkan hingga dingin.

BACA JUGA :  Pemerintah Siapkan 12 Juta Masker Bedah dan 81 Ribu Masker N95

Masukkan cairan ini ke dalam botol lalu semprotkan ke ruangan serta perabot di rumah. Racikan bahan alami ini mengandung zat antibakteri yang ampuh mengusir kuman serta virus. Selain itu, desinfektan alami ini juga aman digunakan serta tidak bau menyengat. Selamat mencoba ! (dtf/has)

573 total views, 1 views today

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *